Monday, October 28, 2013

Fabric Flower: Tutorial Cara Membuat Bunga Kain

Today I'm gonna post in Bahasa Indonesia (for English Tutorial, please be patient. OR, you can just check out the pics. They're pretty much self explanatory, trust me).



Bunga dari kain ini sering kita temui sebagai hiasan di baju, korsase, tas, bros, asesoris rambut dan sebagainya. Hari ini saya kebetulan menggunakan bunga ini sebagai pemanis (macam gula yey) di salah satu pesanan customer yang notabene teman sendiri sih.... Pesanannya adalah baju bayi model tiered dress yang pernah saya shared di postingan sebelumnya. Entah kenapa, hati ini kepingin bikin bunga yang lebih 'cucok' sedikit dari model yang sebelumnya saya tempelkan di dressnya Leia. Saya pun mencoba bikin beberapa model bunga dengan trial & error beberapa metode.

Akhirnya saya baru sreg dengan metode yang ini untuk mendapatkan hasil bunga kain yang 'penuh' dan fluffy sehingga cantiknya maksimal. Yuk saya share, bikinnya cukup gampang kalo ngga mau dibilang gampang banget ;)

Pertama, bikin strip dari kain selebar sekitar 5cm. Boleh kok lebih besar atau kecil, sesuai kebutuhan aja. Ini saya ngga bikin gede2 karena cuma untuk hiasan baju bayi 9 bulan.

Kemudian, lipat strip kain tadi. Lipat lagi sampai jadi 4 tumpuk. Lalu letakkan cetakan lingkaran di atasnya. Boleh pakai apa saja. Disini kebetulan saya pakai tutup botol bekas sambel terkenal khas Surabaya ;) hihi

Jiplak lingkaran tadi pakai kapur jahit atau pensil. Lalu gunting sesuai pola. Sekarang kita punya sekitar 16 buah lingkaran kain berdiameter 5cm.


Siapkan jarum dan benang jahit. Ambil satu buah lingkaran kain dan letakkan di meja sebagai dasar bunga.

Dari sini yuk sambil lihat gambar dan keterangannya.


Step 1. Ambil sebuah lingkaran dan lipat dua.
Step 2. Lipat dua sekali lagi. Jadi satu kelopak.
Step 3. Letakkan kelopak di atas dasar lingkaran kain tadi. Jahit pangkalnya.
Step 4. Ulangi stepnya sampai seluruh dasar tertutup kelopak.
Step 5. Lanjutkan ke tumpukan kedua. Bisa juga pakai warna kain lainnya untuk variasi. Teruskan hingga kelopak penuh.
Step 6. Setelah penuh, ikat mati jahitan di bagian belakang dasar bunga.

You're done! Now make a few more and enjoy..... :)


No comments:

Post a Comment